Saturday, February 2, 2013

Ayo kita berdoa disaat hujan...



Di akhir tahun 2012 dan di awal tahun 2013, kita selalu ditemani dengan hujan. Intensitas hujan yang dibilang cukup sering mengguyur bumi ini tidak mengingat waktunya, pagi, siang, sore dan malam, atau bahkan bisa seharian. Dan tidak dipungkiri juga, pasti hampir sebagian orang merasa terganggu dengan datangnya hujan ini. Mungkin yang mau jalan-jalan jadinya batal atau ingin melaksanakan suatu kegiatan menjadi malas karena hujan..
Padahal Suri Tauladan kita, Rosululloh SAW pernah bersabda, bahwa waktu mustajab untuk berdoa atau waktu berdoa yang tidak akan ditolak doa nya adalah ketika hujan. Beliau bersabda :

Ibnu Qudamah dalam Al Mughni mengatakan, ”Dianjurkan untuk berdo’a ketika turunnya hujan, sebagaimana diriwayatkan bahwa Nabi shallallahu ’alaihi wa sallambersabda,
اُطْلُبُوا اسْتِجَابَةَ الدُّعَاءِ عِنْدَ ثَلَاثٍ : عِنْدَ الْتِقَاءِ الْجُيُوشِ ، وَإِقَامَةِ الصَّلَاةِ ، وَنُزُولِ الْغَيْثِ
Carilah do’a yang mustajab pada tiga keadaan : [1] Bertemunya dua pasukan, [2] Menjelang shalat dilaksanakan, dan [3] Saat hujan turun.

Begitu juga terdapat hadits dari Sahl bin Sa’d, beliau berkata bahwa Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam bersabda,
ثِنْتَانِ مَا تُرَدَّانِ الدُّعَاءُ عِنْدَ النِّدَاءِوَ تَحْتَ المَطَرِ
Dua do’a yang tidak akan ditolak: [1] do’a ketika adzan dan [2] do’a ketika ketika turunnya hujan.

Itulah yang Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam ucapkan ketika melihat turunnya hujan. Hal ini berdasarkan hadits dari Ummul Mukminin, ’Aisyah radhiyallahu ’anha,
إِنَّ النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم- كَانَ إِذَا رَأَى الْمَطَرَ قَالَ « اللَّهُمَّ صَيِّباً نَافِعاً
”Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam ketika melihat turunnya hujan, beliau mengucapkan, ”Allahumma shoyyiban nafi’an” [Ya Allah turunkanlah pada kami hujan yang bermanfaat]”.

Nah, karena sudah ada hadist dari Rosululloh langsung, jadi kalau hujan turun jadi bersedih yaa, mari kita manfaatkan waktu hujan itu untuk berdoa dan bermunajat kepada Alloh. Mungkin saja ada hal atau keinginan kita yang belum tercapai, jadi tidak ada salahnya jika kita memohon di kesempatan emas itu. Semoga dengan turunnya hujan itu membuat kita semakin bersyukur, dan bukan mengeluh. Jangan sia-siakan kesempatan ini untuk meminta segala kebaikan untuk kita dan orang-orang sekitar. Oke !!! 



Categories:

0 comments:

Post a Comment