Sunday, August 26, 2012

Indahnya Doa Khatam


Doa Khatam merupakan salah satu doa yang sangat indah jika kita membacanya. Artinya sangat begitu Subhanalloh, tentang doa yang dibutuhkan oleh manusia untuk kehidupan dunia dan akhiratnya nanti. Doa Khatam terdapat pada setiap Al-Qur'an yang Insya Alloh selalu kita baca. Tidak ada salahnya jika selesai membaca Al-Qur'an, anda pun membaca Doa Khatam ini. Adapun arti dari Doa Khatam dibawah ini :

"Ya Alloh curahkanlah rahmat kepadaku dengan Al-Qur'an.dan jadikan Al-Qur'an sebagai pemimpin, cahaya, petunjuk dan rahmat bagiku. Ya Alloh, ingatkanlah aku terhadap apa yang telah aku lupakan dari Al-Qur'an. Ajarilah aku apa-apa yang belum aku ketahui dari Al-Qur'an. Anugerahilah aku kemampuan untuk senantiasa membacanya sepanjang malam dan siang. Jadikanlah Al-Qur'an hujah bagiku (yang dapat menyelamatkanku) wahai Tuhan seru sekalian alam. Ya Alloh, benahilah (pengetahuan dan pengamalan) agamaku, yang akan menjadi penjaga urusanku. Benahilah duniaku, tempat aku mencari penghidupan. Baguskanlah (kehidupan) akhiratku, tempat aku kembali. Jadikanlah hidupku sebagai tempat untuk melaksanakan segala kebajikan dan jadikanlah matiku sebagai pemutus segala keburukan. Ya Alloh, jadikanlah sebaik-baik umurku (agar menjadi amal yang terbaik) diakhir usiaku. Hariku yang terbaik adalah hari disaat aku bertemu dengan-Mu (kelak). Ya Alloh, aku memohon hidup yang nyaman, mati yang tenang, dan tempat kembali (akhirat) yang tidak memalukan dan menghinakan. Ya Alloh, aku meminta permintaan yang terbaik, permohonan terbaik, keberhasilan terbaik, ilmu terbaik, amal terbaik, pahala terbaik, kehidupan terbaik, kematian terbaik, dan tetapkanlah aku dalam semua kebaikan itu. Beratkanlah timbangan (amal baikku), kukuhkanlah imanku, tinggikanlah derajatku, terimalah solatku, ampunilah kesalahan-kesalahanku, dan aku memohon surga yang paling tinggi kepada-Mu. Ya Alloh, pastikanlah aku memperoleh rahmat-Mu, meraih ampunan-Mu, terbebas dari segala dosa, mendapat manfaat dari segala kebaikan, meraup keuntungan berupa surga, dan terbebas dari siksa neraka. Ya Alloh, baguskanlah dari semua amal kami serta jauhkanlah kami dari hinanya dunia dan siksa akhirat. Ya Alloh, berilah kami rasa takut kepada-Mu yang akan menghalangi kami dari berbuat maksiat. Anugerahilah kami ketaatan kepada-Mu yang akan menghantarkan kami (memasuki) surga-Mu. Curahkanlah keyakinan sehingga meringankan musibah hidup yang menimpa kami. Limpahilah kami kepuasan dengan penglihatan, pendengaran, dan kesehatan selama Engkau menghidupkan kami, serta jadikanlah semua itu sebagai warisan bagi kami. Hadirkanlah seorang penuntut bagi siapa saja yang menzolimi kami. Tolonglah kami dalam menghadapi orang-orang yang memusuhi kami. Janganlah Engkau jadikan musibah dalam agama kami. Janganlah Engkau jadikan dunia sebagai tujuan utama kami dan tidak pula tujuan ilmu kami. Janganlah Engkau tempatkan kami dibawah kekuasaaan orang-orang yang tak menyayangi kami. Ya Alloh janganlah Engkau sisakan secuil dosa pun bagiku melainkan ampuni semuanya, janganlah Engkau tinggalkan sebersit keraguan bagiku melainkan Engkau hilangkan semuanya, janganlah Engkau tinggalkan sepersen utang pun bagiku melainkan Engkau lunasi semuanya, janganlah Engkau abaikan segala kebutuhan dunia dan akhiratku melainkan Engkau penuhi semuanya, wahai Dzat Yang Maha Pengasih dari segala yang pengasih. Ya Alloh, anugerahilah kepada kami kebaikan didunia dan akhirat, serta jagalah kami dari siksa api neraka. Semoga Alloh mencurahkan sholawat atas Nabi kita Muhammad saw, keluarganya dan para sahabatnya yang terpilih, serta salam yang berlimpah ruah.

Amin Ya Robbal'alamiiinn... 

Categories:

0 comments:

Post a Comment